7 Makanan Penyebab Berat Badan Naik dan Risikonya, Pahami Sebelum Konsumsi

- Rabu, 28 Juli 2021 | 11:02 WIB
Tanpa disadari beberapa makanan yang Anda pilih akan membuat berat badan Anda naik. Alangkah baiknya pahami kandungan makanan yang anda konsumsi sehari-hari (Sumber : Pexels.com)
Tanpa disadari beberapa makanan yang Anda pilih akan membuat berat badan Anda naik. Alangkah baiknya pahami kandungan makanan yang anda konsumsi sehari-hari (Sumber : Pexels.com)

SURABAYA, AYOSURABAYA -- Sedikitnya ada 7 makanan penyebab berat badan naik. Pahami dulu sebelum mengonsumsinya agara berat badan terjaga.

Berat badan yang berlebih tidak hanya membuat tubuh Anda menjadi kurang menarik tapi juga dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Sebagian besar pendapat umum menyatakan bahwa kenaikan berat badan disebabkan karena pola makan yang salah. Padahal bisa jadi salah memilih menu makanan. Ketahuilah beberapa makanan pemicu berat badan naik berikut ini :

Jenis makanan penyebab berat badan naik

Dikutip dari helloSEHAT makanan membuat badan sehat, ternyata memicu berat badan naik. Apa saja, ini daftarnya:

1. Makanan yang mengandung tepung
Jenis makanan yang mengandung tepung seperti nasi, roti gandum, biskuit mengandung rendah serat yang akan menghambat pencernaan tubuh. Makanan pokok ini mengandung karbohidrat yang sebenarnya baik bagi tubuh. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat akan meningkatkan kandungan gula. Asupan berlebih dari karbohidrat ini juga akan mengakibatkan beberapa penyakit salah satunya obesitas (berat badan yang berlebih)

2. Daging merah
Dikutip dari jurnal penelitian American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak daging merah akan menyebabkan berat badan naik. Hal ini berlaku bagi Anda yang memilki berat badan normal ataupun berlebih. Beberapa jenis makanan olahan daging merah seperti sosis, kornet dan sejenisnya mengandung lemak berlebih yang akan memicu terjadinya gangguan kesehatan.

3. Makanan manis
Bagi yang gemar mengkonsumsi makanan manis seperti kue, eskrim, dan beberapa jenis makanan manis lainnya, mulai saat ini harus berusaha menguranginya. Karena terlalu banyak kandungan gula yang berada didalamnya. Batas asupan gula yang dikonsumsi dalam sehari yang disarankan oleh kementrian kesehatan adalah 10 persen dari total energi (200 kkal) atau setara dengan 4 sendok makan.

4. Kentang Goreng
Gorengan menjadi camilan yang digemari hampir semua orang. Kentang goreng menjadi salah satu menu gorengan andalan untuk menemani waktu santai. Tanpa disadari kandungan kalori dan minyak berlebih yang terdapat pada makanan ini menjadi pemicu berat badan naik. Terlalu sering mengkonsumsi gorengan juga berdampak buruk bagi kesehatan.

5. Cokelat
Jenis makanan yang satu ini juga digemari banyak kalangan terutama anak-anak hingga remaja. Konsumsi coklat yang mengandung banyak pemanis dan pengawet ini sebabkan berat badan Anda semakin naik. Selain itu, coklat juga menjadi pemicu beberapa penyakit seperti diabetes dan obesitas.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X