Ingin Cantik Alami? Ini 5 Manfaat Madu bagi Kulit Wajah

- Senin, 26 Juli 2021 | 21:43 WIB
Jika ingin cantik alami, Anda bisa menggunakan madu karena ada 5 manfaat madu bagi kulit wajah. (Pixabay/
Jika ingin cantik alami, Anda bisa menggunakan madu karena ada 5 manfaat madu bagi kulit wajah. (Pixabay/

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Jika ingin cantik alami, Anda bisa menggunakan madu karena ada 5 manfaat madu bagi kulit wajah.

Sejak dulu, madu menjadi bahan utama dan rahasia untuk perawatan kulit dan rambut. Madu juga telah digunakan sejak zaman kuno, salah satunya sebagai bahan pembalseman oleh masyarakat Mesir kuno.

Madu mengandung katalis yang memungkinkan retensi terjadi secara efektif, kemudian melembapkan kulit dan membuatnya berkilau.

Ciri-ciri kulit sehat

1. Kulit terasa basah atau lembap

Kulit wajah yang sehat pasti terasa lembap karena itu berarti asupan air untuk kulit sudah terpenuhi. Air menjaga keseimbangan sebum di permukaan kulit, mencegah peradangan kulit, dan berperan penting dalam pembentukan kolagen.

Kulit yang membutuhkan air bisa terasa kering sehingga gejala penuaan kulit muncul lebih cepat dari yang seharusnya. Kulit kering biasanya mudah teriritasi dan bersisik atau mengelupas.

2. Sensasi pada kulit yang sehat

Sensasi pada kulit yang sehat adalah tidak akan ada sensasi aneh atau tidak nyaman pada kulit. Kulit akan terasa lembap dan nyaman, tidak terasa panas, perih atau gatal.

3. Warna kulit

Terlepas dari kenyataan bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, warna kulit masih menjadi tolok ukur untuk kulit yang sehat. Di luar warna kulit Anda gelap, putih, ataupun cokelat, yang menarik, warna kulit Anda harus memiliki pigment kulit yang merata.

Masalah kulit pada umumnya digambarkan dengan kontras dalam warna (pigmentasi) yang menyebar di bagian luar kulit. Misalnya, bintik-bintik berwarna cokelat karena paparan sinar matahari atau bintik-bintik gelap dari bekas peradangan kulit.

4. Tekstur

Kulit yang sehat akan terasa lentur, halus, dan lembut. Jika Anda merasakan kulit kasar seperti ada benjolan kecil-kecil, kering dan keriput, atau terkelupa, ini menunjukkan bahwa kulit Anda tidak sehat.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X