4 Makanan yang Meningkatkan Imun, Tips Sehat saat Pandemi

- Senin, 26 Juli 2021 | 19:47 WIB
Yoghurt mengandung probiotik alami sebagai salah satu makanan yang meningkatkan imun. (Pixabay/Aline Ponce)
Yoghurt mengandung probiotik alami sebagai salah satu makanan yang meningkatkan imun. (Pixabay/Aline Ponce)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Sedikitnya ada 4 makanan yang meningkatkan imun yang bisa menjadi tips sehat saat pandemi Covid-19.

Yoghurt, jahe, buah-buahan asam yang kaya vitamin C, hingga bawang putih merupakan beberapa makanan yang meningkatkan imun.

4 Makanan yang Meningkatkan Imun

1. Yoghurt

Dilansir dari halodoc, yoghurt mengandung probiotik alami yang dapat membantu pembentukan bakteri baik dalam tubuh.

Carilah yoghurt dengan tulisan “kultur hidup dan aktif” pada tabelnya, seperti yoghurt Yunani. Kultur tersebut dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit.

Sebagai makanan yang meningkatkan imun, pilihlah yoghurt alami tanpa rasa dan gula. Anda bisa menambahkan buah-buahan alami pada yoghurt tawar sebagai pemanis seperti stroberi, blueberry, jeruk, dan lainnya.  

2. Jahe

Berdasarkan penelitian Ratna Umi dan Jumarddin, dalam Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, jahe dapat memperbanyak sel pembunuh alami. Hal itu dapat menghancurkan dinding sel virus yang telah menginfeksi inangnya dalam tubuh manusia. Hal itu sebagai bukti bahwa jahe dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan, agar masyarakat memanfaatkan obat tradisional seperti jahe untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

Anda dapat membuat ramuan jamu di rumah dengan merebus jahe dan gula aren bersamaan dengan kunyit yang juga mengandung kurkumin yang baik untuk kekebalan tubuh.

3. Buah-buahan Asam yang Kaya Vitamin C

Vitamin C dapat ditemukan hampir di semua buah-buahan asam, seperti lemon, jeruk, jeruk nipis, belimbing wuluh, hingga markisa.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X