Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Ternyata Banyak Khasiatnya Bagi Tubuh

- Senin, 26 Juli 2021 | 12:24 WIB
Kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. (Nathan Dumlao on Unsplash)
Kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. (Nathan Dumlao on Unsplash)

SURABAYA, AYOSURABAYA Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang digemari oleh banyak kalangan. Ternyata banyak sekali manfaat konsumsi kopi bagi tubuh yang jarang diketahui.

Tidak hanya sebagai penghilang rasa kantuk, kopi juga diyakini dapat membantu meningkatkan energi dan memfokuskan pikiran. Kopi yang dikonsumsi tanpa menggunakan gula memiliki beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, zat-zat yang terdapat pada kopi memiliki efek positif bagi otak bahkan kopi juga berkhasiat untuk merawat  kulit.

5 Manfaat Mengkonsumsi Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu informasi penting bagi Anda saat mengkonsumsi minuman ini yaitu terutama manfaatnya bagi kesehatan, berikut penjelasannya :

1. Menurunkan Risiko Diabetes
Ketika seseorang rutin minum kopi tanpa gula ternyata mampu menurunkan risiko mengidap penyakit diabetes. Manfaat yang satu ini sangat penting bagi kesehatan, saat diabetes sudah menjangkit tubuh, penyakit ini hanya bisa dikendalikan dan tidak dapat disembuhkan secara total. Jadi, lebih baik menghindari dari pada mengobati.

2. Peningkatan daya ingat pada otak
Manfaat lain dari kopi yaitu sebagai peningkatan daya ingat pada otak. Dikutip dari Halodoc menyatakan bahwa otak yang tetap dalam kondisi aktif akan mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia yang akan berkaitan dengan rasa lupa. Saat dikonsumsi secara rutin, kopi dapat menurunkan risiko mengidap kedua penyakit tersebut sebanyak 65 persen.

3. Melindungi organ hati
Khasiat dari kandungan zat pada kopi dapat menghindarkan seseorang dari penyakit pada organ hati. Minum kopi secara teratur akan menurunkan kemungkinan terkena sironis yang akan menyerang organ hati. Dengan catatan, minuman kopi yang dikonsumsi tidak ditambah dengan campuran gula atau krim tambahanlainya.

4. Meningkatkan energi
Setelah mengkonsumsi minuman ini energi pada tubuh akan meningkat dan stamina tetap terjaga. Kandungan zat yang ada pada kopi akan membantu Anda untuk menjaga tubuh tetap bugar. Pantas saja jika minuman kopi dijadikan pilihan bagi mereka yang sedang lembur kerja dan dijadikan sebagai penahan rasa kantuk.

5. Berkhasiat bagi jantung
Dua cangkir kopi yang Anda konsumsi setiap hari dapat melindungi Anda dari penyakit jantung. Dari pernyataan yang dikutip dari GoodDoctor menyatakan bahwa salah satu studi mengkonsumsi kopi dua porsi perhari dapat melindugi dan menurunkan risiki 11 persen lebih rendah seseorang mengalami gagal jantung.

3 Khasiat Kopi untuk Perawatan Kulit 

Selain untuk dikonsumsi, kopi pun dapat digunakan sebagai bahan untuk merawat kulit. Caranya beragam bisa digunakan sebagai masker atau sebagai untuk luluran. Berikut adalah caranya

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X