Cara Minum Air Putih yang Dianjurkan untuk Menurunkan Berat Badan

- Minggu, 25 Juli 2021 | 07:29 WIB
Cara minum air putih yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan, salah satunya minum saat mulai merasa lapar. ( engin akyurt on Unsplash)
Cara minum air putih yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan, salah satunya minum saat mulai merasa lapar. ( engin akyurt on Unsplash)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Cara minum air putih yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan ini bisa dicoba setiap hari.

Mengutip alodokter.com, sejumlah penelitian mengungkap bahwa air putih cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan, serta mempertahankannya. 

Secara umum, seluruh organ tubuh memerlukan air untuk dapat berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya, Anda harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih.

Cara minum air putih yang dianjurkan

1. Minum air putih ketika merasa lapar
Otak manusia seringkali kesulitan membedakan rasa haus dan rasa lapar. Ketika kamu merasa lapar di luar jam makan, cobalah untuk minum air putih terlebih dulu. Siapa tahu tubuhmu justru sedang kekurangan cairan. Jangan langsung makan berat atau makan makanan ringan. Sebab, hal itu justru akan meningkatkan kalori dan berat badan. Kecuali jika rasa lapar yang muncul itu kamu rasakan pada jam makan.

Minum air putih secara rutin juga akan membantu proses pencernaan dan metabolisme di dalam tubuh. Jika kamu jarang minum air putih, kamu berisiko mengalami sembelit akibat fungsi ginjal terganggu. Kekurangan air putih akan membuat kalsium dan zat lain di dalam urine sulit disaring oleh ginjal, sehingga memicu pembentukan batu ginjal.
 
2. Minum dua gelas air putih 30 menit sebelum makan
Menurut penelitian, mengonsumsi air putih sebanyak 500 ml atau sekitar dua gelas pada 30 menit sebelum makan, bisa membantu menurunkan berat badan. Membiasakan minum air putih sebelum makan setip hari, dapat membantu penurunan berat badan hingga sekitar 2 - 4 kg dalam 12 minggu.

Penelitian lain dilakukan pada orang dewasa dengan kelebihan berat badan (obesitas) yang minum air putih sebelum makan, mampu mengurangi lebih banyak berat badan, dibanding dengan yang tidak minum air putih sebelum makan.Minum air putih sebelum makan, dapat membuatmu merasa perut sudah terisi, sehingga diharapkan mampu mengurangi nafsu makan. Sehingga mencegah kamu makan berlebihan, dan bisa menurunkan berat badan.

AYO BACA : Jadwal Pertandingan Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 Hari Ini, Tayang di Indosiar

3. Hindari minuman kemasan saat haus
Air putih merupakan minuman yang bebas dari kalori, sehingga tidak menyebabkan peningkatan berat badan. Jika kamu haus, sebaiknya perbanyak air putih ketimbang mengonsumsi minuman berwarna atau minuman kemasan yang mengandung banyak rasa. Sebab, minuman tersebut umumnya mengandung banyak kalori dan tanpa disadari dapat memicu peningkatan berat badanmu ketika diminum.

4. Minum air putih serta perbanyak konsumsi buah dan sayur
Menurut penelitian lainnya, semakin banyak seseorang minum air serta makan buah dan sayur, dapat mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi atau berkalori tinggi.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X