Minum Kopi Sebelum Makan Meningkatkan Gula Darah, Ini Cara agar Gula Darah Normal

- Rabu, 21 Juli 2021 | 06:26 WIB
Minum Kopi Sebelum Makan Meningkatkan Gula Darah, Ini Cara agar Gula Darah Normal. (Pixabay)
Minum Kopi Sebelum Makan Meningkatkan Gula Darah, Ini Cara agar Gula Darah Normal. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM Minum kopi sebelum makan meningkatkan gula darah yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh karena diabetes. Di sisi lain, ada cara agar gula darah normal yang bisa Anda coba praktikkan.

Minum kopi saat pagi, biasanya bagi sejumlah orang, dianggap meningkatkan energi dan fokus.

Kopi mengandung sejumlah senyawa yang baik bagi jantung jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Namun, jika minum kopi sebelum makan atau sarapan, apakah akan menyehatkan atau membahayakan?

Ahli Gizi, Carlyn Rosenblum, tidak menyarankan minum kopi sebelum sarapan karena bisa merusak usus dan memengaruhi tingkat gula darah.

"Ada sejumlah alasan mengapa kopi bukan hal pertama yang baik di pagi hari, terutama bagi wanita," ujar Rosenblum, melansir PureWow.

Minum kopi sebelum sarapan dapat meningkatkan kortisol yang berdampak negatif pada ovulasi, berat badan, dan keseimbangan hormon.

"Minum kafein saat pagi bisa menumpulkan produksi hormon dan menggeser waktu siklus," kata Rosenblum.

Hal itu, kata dia, bisa menyebabkan seseorang memproduksi kortisol pada waktu ketika biasanya akan turun (seperti saat malam). Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein ketika kortisol tinggi dapat membuat Anda memproduksi lebih banyak kortisol.

Kortisol memang diperlukan bagi kesehatan. Namun, saat Anda terus-menerus stres, tubuh terus memproduksi kortisol yang dapat menyebabkan peningkatan gula darah, yang kemudian mengarah pada peningkatan produksi hormon insulin.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X