5 Khasiat Minum Air Putih Sesaat Setelah Bangun Tidur, Rasakan Manfaatnya

- Minggu, 18 Juli 2021 | 08:21 WIB
Minum air putih sesaat setelah bangun tidur sangat baik untuk kesehatan. (Jana Sabeth on Unsplash)
Minum air putih sesaat setelah bangun tidur sangat baik untuk kesehatan. (Jana Sabeth on Unsplash)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Salah satu kebiasaan setelah bangun tidur yang banyak dianjurkan adalah minum air putih. Alasannya adalah karena kebiasaan sederhana ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat minum air putih setelah bangun tidur? Simak penjelasan berikut ini.

Mengutip alodokter.com, air merupakan zat penting yang menyusun 50% – 60% komposisi tubuh Anda. Di dalam tubuh, air memiliki beragam fungsi, mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan suhu tubuh, hingga membantu ginjal untuk membersihkan kotoran dari dalam tubuh.

Secara umum, seluruh organ tubuh memerlukan air untuk dapat berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya, Anda harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Salah satu waktu yang sangat baik untuk minum air putih adalah setelah bangun tidur.

Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kita perlu minum air putih yang cukup agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dan organ-organ tubuh dapat bekerja dengan baik. Namun sayangnya, banyak orang yang kurang minum air putih.

Penyebab yang paling umum adalah lupa, karena tidak terbiasa, atau terlalu sibuk. Nah, dengan membiasakan minum air putih saat bangun tidur, Anda jadi tidak akan lupa lagi untuk minum di pagi hari.

AYO BACA : 3 Tempat di Jatim yang Menyedikan Isi Ulang Oksigen Gratis

Selain itu, masih ada banyak manfaat minum air putih setelah bangun tidur bagi kesehatan Anda, di antaranya:

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Salah satu manfaat minum air putih setelah bangun tidur adalah membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Racun tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X