4 Cara Minum Air Putih yang Dianjurkan untuk Menurunkan Berat Badan

- Rabu, 14 Juli 2021 | 06:56 WIB
Minum air putih bisa menurunkan berat badan. (Jana Sabeth on Unsplash)
Minum air putih bisa menurunkan berat badan. (Jana Sabeth on Unsplash)

SIMOKERTO, AYOSURABAYA.COM -- Minum air putih bisa menurunkan berat badan asal dilakukan dengan cara yang benar. Seperti apa caranya? simak artikel kesehatan dengan baik.

Mengutip alodokter.com, sejumlah penelitian mengungkap bahwa air putih cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan, serta mempertahankannya. 

Secara umum, seluruh organ tubuh memerlukan air untuk dapat berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya, Anda harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Air Putih

Untuk menurunkan berat badan dengan air putih, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Minum dua gelas air putih 30 menit sebelum makan
Menurut penelitian, mengonsumsi air putih sebanyak 500 ml atau sekitar dua gelas pada 30 menit sebelum makan, bisa membantu menurunkan berat badan. Membiasakan minum air putih sebelum makan setip hari, dapat membantu penurunan berat badan hingga sekitar 2 - 4 kg dalam 12 minggu.

Penelitian lain dilakukan pada orang dewasa dengan kelebihan berat badan (obesitas) yang minum air putih sebelum makan, mampu mengurangi lebih banyak berat badan, dibanding dengan yang tidak minum air putih sebelum makan.Minum air putih sebelum makan, dapat membuatmu merasa perut sudah terisi, sehingga diharapkan mampu mengurangi nafsu makan. Sehingga mencegah kamu makan berlebihan, dan bisa menurunkan berat badan.

2. Minum air putih serta perbanyak konsumsi buah dan sayur
Menurut penelitian lainnya, semakin banyak seseorang minum air serta makan buah dan sayur, dapat mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi atau berkalori tinggi.

AYO BACA : Jumlah RT Zona Merah di Surabaya Per 11 Juli 2021 Sebanyak 138

Kebiasaan ini juga membantu menjaga kesehatan saluran cerna dan kelancaraan proses pencernaan. Itu sebabnya, untuk menurunkan berat badan perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayur.Kedua jenis makanan tersebut mengandung sekitar 90% air yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap hari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi buah dan sayuran tersebut memiliki ukuran indeks massa tubuh dan lingkar pinggang lebih kecil daripada yang tidak mengonsumsi keduanya.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X