Batas Gula Darah Normal Wanita, Pria & Daftar Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Diabetes

- Selasa, 13 Juli 2021 | 18:37 WIB
Batas Gula Darah Normal Wanita & Daftar Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Diabetes. (Pixabay)
Batas Gula Darah Normal Wanita & Daftar Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Diabetes. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Gula darah normal wanita berapa, apakah sama dengan laki-laki? Lalu, bagaimana cara agar gula darah normal? Ada 10 makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari penderita diabetes agar gula darah normal.

Menurut dr Ester Agustina, kadar gula darah wanita dan pria tidak berbeda. Rata-rata memiliki kadar gula darah yang sama.

Namun, kadar gula darah ini bisa berubah sebelum dan sesudah makan atau juga saat waktunya tidur. Kadar gula darah normal pun tidak berpatokan pada satu angka baku.

Kisaran Kadar Gula Darah Normal Wanita dan Laki-laki

Seusai makan, sistem pencernaan akan memecah karbohidrat menjadi gula atau glukosa yang bisa diserap oleh aliran darah. Zat tersebut sangat penting untuk sumber energi sel-sel tubuh Anda. Darah mengalirkan zat gula ini menuju sel-sel tubuh guna menjadikannya energi.

Namun, zat gula ini harus melewati sebuah ‘pintu’ untuk memasuki sel-sel tersebut. Hormon yang berperan dalam membuka ‘pintu’ itu adalah insulin. Insulin dihasilkan oleh pankreas. Setelah memasuki sel, zat gula ini akan dibakar menjadi energi yang bisa Anda pakai. Gula yang lebih akan disimpan di hati untuk dipakai di kemudian hari.

Kadar gula darah normal pada tubuh, batas kadar gula darah rendah dan batas kadar gula darah tinggi:

  1. Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
  2. Dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
  3. Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
  4. Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL

Ciri-ciri Gula Darah Tinggi:

Seperti dilansir dari Daily Star, berikut adalah 6 tanda seseorang memiliki kadar gula darah tinggi.

1. Terus merasa lelah

Tubuh mengubah makanan menjadi glukosa yang digunakan tubuh untuk mengisi energi. Mereka yang menderita diabetes tipe 2 tidak akan memiliki cukup insulin untuk membuat glukosa yang dapat membuat penderita merasa lelah terus menerus.

2. Penglihatan kabur

Kelebihan gula darah yang disebabkan oleh diabetes tipe 2 dapat merusak pembuluh darah kecil di mata. Hal ini dapat menyebabkan penglihatan kabur, di satu atau kedua mata, yang mungkin datang dan pergi.

3. Penyembuhan luka melambat

Memiliki gula darah tinggi dari waktu ke waktu dapat memengaruhi aliran darah yang menyebabkan kerusakan saraf. Ini bisa membuat tubuh Anda sulit menyembuhkan luka.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X