Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Air Kelapa ?

- Selasa, 6 Juli 2021 | 06:00 WIB
Air kelapa muda mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. ( Laura Phillips dari Pixabay )
Air kelapa muda mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. ( Laura Phillips dari Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Air kelapa memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Sejak lama, air kepala secara tradisional telah digunakan untuk mengobati dehidrasi.

Lalu apakah penderita diabetes diperbolahkan minum air kelapa

Dikutip dari alodokter, air kelapa mengandung beberapa zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan bermanfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat air kelapa yaitu menyegarkan tubuh karena air kelapa mengandung gula dan elektrolit.

Selain itu air kelapa mengandung potassium, sodium, kalsium, vitamin C, asam folat, zat besi, magnesium, dan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh dan membantu mengganti cairan tubuh yang hilang

Dengan kandungannya yang alami itu, seseorang yang memiliki riwayat penyakit diabetes boleh saja mengkonsumsi air kelapa asalkan tidak berlebihan, tidak terlalu sering, dan tanpa ditambah gula, sirup, ataupun pemanis lainnya. 

4 Menu Sarapan Penderita Diabetes yang Harus Dikonsumsi

Penderita diabetes harus memperhatikan asupan makanan salah satunya saat sarapan. Mengutip timenownews, ini adalah 4 menu sarapan yang baik bagi penderita diabetes:

1. Oat

Oat adalah salah satu makanan yang paling mengandung serat. Sarapan oat dapat membantu mengatur kadar gula darah, juga memberi rasa kenyang. Oat juga dianggap sebagai salah satu pilihan sarapan paling sehat untuk menurunkan berat badan.

2. Omelet

Omelet cukup populer di masyarakat Indonesia. Bahannya juga murah dan mudah didapat. Omelet kaya akan protein, sehingga cocok dijadikan sarapan bagi penderita diabetes. Agar lebih sempurna bisa dilahap dengan sepotong roti, atau menambahkan sayuran bergizi seperti tomat, bawang bombay, wortel, jamur, dan lainnya ke dalam adonan omelet.

3. Kacang

Kacang adalah makanan dengan indeks glikemik (GI) rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Mencampurkan sayuran dengan kacang juga dapat membantu meningkatkan nilai gizi, dan memberikan lebih banyak serat bagi tubuh.

4. Poha

Ini merupakan salah satu sarapan paling populer di India. Poha terbuat dari beras atau beras merah yang dihancurkan sehingga kaya serat. Anda juga bisa menambahkan sayuran pilihan ke dalamnya. Poha juga merupakan makanan probiotik yang baik, yang memastikan pencernaan lebih baik dan usus yang sehat.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X