Rahasia Cara Menabung Orang-orang Kaya yang Jarang Terungkap

- Senin, 5 Juli 2021 | 10:38 WIB
Ternyata Ini Rahasia Menabung Orang-orang Kaya yang Jarang Terungkap. (Pixabay)
Ternyata Ini Rahasia Menabung Orang-orang Kaya yang Jarang Terungkap. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Barangkali Anda pernah bertanya, bagaimana cara orang-orang kaya memupuk uangnya sehingga menjadi miliarder? Bagaimana cara mereka menabung? Inilah rahasianya.

Ada beberapa rahasia yang diungkap Thomas C Corley, akuntan publik dan perencana keuangan bersertifikat yang telah mewawancarai 233 orang tajir di dunia. Ternyata, sebanyak 177 di antaranya membangun kekayaan mereka dari hasil jerih payah sendiri (self-made).

AYO BACA : Daftar Hari Libur Juli, Hari Libur Nasional, & Cuti Bersama 2021 Terbaru Lengkap

Lewat hasil wawancara dan analisisnya, Corley menemukan sejumlah fakta mengenai orang-orang kaya dan kebiasan sehari-hari mereka untuk memupuk kekayaan.

Sebesar 80 persen orang kaya self-made tidak menjadi kaya hingga usia 50 tahun. Namun, hampir semuanya memulai dengan cara yang sama.

AYO BACA : Cara Mendapatkan Subsidi Listrik Token PLN Juli 2021 & Besaran Diskon

"Orang-orang yang kaya dengan usahanya sendiri dalam studi saya semuanya memasang tujuan menabung sebesar 10 sampai 20 persen dari penghasilan mereka sebelum menjadi miliarder," ujar Corley.

Jika mengintip orang-orang Amerika Serikat (AS), menurut data St Louis Federal Reserve, rata-rata warga AS menyisihkan 8 persen dari penghasilan mereka untuk ditabung. Bagi mereka, yang terpenting adalah tujuan dalam menabung.

Dengan menggunakan sistem yang disebut Corley sebagai "sistem wadah," mereka membagi tabungan mereka menjadi empat kategori, yakni tabungan pensiun, pengeluaran spesifik, pengeluaran tak terduga, dan pengeluaran siklikal.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X