Ulama Ungkap Rumus Agar Berumur Panjang dan Barokah

- Rabu, 23 Juni 2021 | 17:23 WIB
Ilustrasi beribadah di masjid (Ayobandung.com)
Ilustrasi beribadah di masjid (Ayobandung.com)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Rasulullah SAW bersabda bahwa umur umatnya di dunia berkisar antara 60-70 tahun. Tentu ada yang berhasil melampaui angka tersebut, namun jumlahnya tidak banyak.

“Umur umatku berkisar antara 60 hingga 70 tahun. Sangat sedikit di antara mereka yang umurnya lebih dari itu.” (HR Tirmidzi).

Rasulullah juga bersabda bahwa umur manusia kerap menjadi hal yang dilalaikan. Meski usia umat manusia relatif tak terlalu panjang, namun tak sedikit pula yang tidak memanfaatkannya sungguh-sungguh untuk memaksimalkan ibadah.

"Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang." (HR Bukhari).

Meski demikian, bukan berarti umat Nabi Muhammad SAW tidak bisa meminta dipanjangkan usia dalam hidupnya. Terutama bila manusia tersebut ingin lebih banyak beribadah di jalan-Nya.

Dilansir dari Republika, Rabu 23 Juni 2021, Muhammad bin Ibrahim Annaim dalam bukunya yang berjudul Kaifa Tuthilu Umraka memberikan rumus beberapa upaya memanjangkan umur menjadi berkualitas dan penuh berkah.

Pertama, menyambung tali silaturahim. Rasul SAW bersabda, "Silaturahim, akhlak yang baik, dan berbuat baik kepada tetangga, dapat meramaikan perkampungan dan memanjangkan umur." (HR Ahmad dan Baihaki).

Dalam hadits lain, "Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung tali silaturahim." (HR Bukhari dan Muslim).

Kedua, melakukan amalan yang pahalanya berlipat. Rasul SAW bersabda, "Sholat berjamaah lebih utama dari shalat sendirian dengan 27 derajat." (HR Bukhari dan Muslim).

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

X