5 Manfaat Kesehatan Selai Kacang yang Jarang Diketahui

- Senin, 14 Juni 2021 | 12:21 WIB
Ilustrasi selai kacang (Unsplash)
Ilustrasi selai kacang (Unsplash)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Selai kacang adalah salah satu selai yang banyak digunakan orang sebagai pelengkap berbagai sajian. Mulai dari roti, cake, hingga buah-buahan.

Siapa sangka, di balik rasanya yang gurih, terdapat sejumlah manfaat kesehatan yang dikandung oleh selai kacang. Dilansir dari WebMD, berikut 5 manfaat selai kacang yang jarang diketahui : 

1. Lemak Baik
Sebagian besar lemak dalam kacang adalah lemak tak jenuh. Lemak jenis ini lebih baik untuk tubuh Anda daripada jenis lemak jenuh atau lemak trans yang banyak terdapat di makanan olahan. Hal ini dapat membantu Anda untuk menstabilkan gula darah dan insulin. 

2. Dikemas Dengan Nutrisi
Kacang memiliki protein tinggi, serat, dan lemak sehat yang baik untuk Anda. Selain itu, kacang juga memiliki banyak nutrisi lain seperti Vitamin E dan B6, asam folat, niasin, magnesium, seng, tembaga, dan kalium.

Meski demikian, Anda tetap perlu memerhatikan kandungan bahan yang terkandung dalam beberapa merk selai kacang atau kacang dalam kemasan. Pasalnya, ada beberapa telah menambahkan garam, gula, pengawet, dan lemak tidak sehat yang bisa mebawa dampak buruk.

3. Memiliki banyak Antioksidan 
Selai kacang  mengandung mineral seperti selenium dan mangan, vitamin C dan E, serta flavonoid, fenol, polifenol, dan zat lainnya. Mereka bekerja sebagai tim untuk membantu melindungi sel Anda. Hal ini bisa menjadi bagian dari alasan mengapa orang yang makan lebih banyak kacang dan selai kacang memiliki jantung yang lebih sehat. Mereka bahkan dapat membantu melindungi Anda dari kanker usus besar.

4. Mencegah dan Mengendalikan Diabetes Tipe 2
Kandungan selai kacang dapat membantu Anda mengontrol kenaikan berat badan, serta kadar gula (glukosa) dan lemak (lipid) yang tinggi dalam darah,yang dapat menyebabkan penyakit.  Kacang juga dapat menjaga lapisan pembuluh darah Anda (endotelium) tetap sehat dan elastis sehingga dapat mencegah masalah jantung yang terkait dengan diabetes.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung atau disebut juga penyakit kardiovaskular terjadi ketika pembuluh darah Anda mengeras (dokter akan menyebutnya aterosklerosis). Hal ini dapat melemahkan jantung Anda dan menyebabkan gagal jantung. Kondisi ini juga dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, atau detak jantung tidak teratur (suatu kondisi yang disebut aritmia).

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Video Syur Gabriella Larasati: Malu Ketemu Orang

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:48 WIB

Mengenal Puber Kedua, Ini Penjelasan Berdasarkan Medis

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:59 WIB

Cara Mengecilkan Pinggang Secara Sederhana

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:07 WIB

Bacaan Niat Puasa Pengganti, Simak Tata Caranya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:47 WIB

Stres dan Depresi Dapat Sembuh dengan Olahraga Rutin

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:35 WIB

Bacaan Niat Tayamum, Lengkap dengan Arti dan Syaratnya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:19 WIB

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Mudah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:54 WIB

Awas! Sering Jerawatan, Tanda Bahwa Tubuh Penuh Racun

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:24 WIB
X