Berat Badan Bayi Normal 1-24 Bulan & Cara Menaikkan Berat Badan Bayi

- Selasa, 25 Mei 2021 | 21:14 WIB
Berat Badan Bayi Normal 1-24 Bulan & Cara Menaikkan Berat Badan Bayi. (Pixabay)
Berat Badan Bayi Normal 1-24 Bulan & Cara Menaikkan Berat Badan Bayi. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Sebagai orang tua, barangkali Anda cemas ketika merasa berat badan anak turun. Lantas, berapa ukuran berat badan bayi normal dari usianya 1 bulan hingga 17 bulan?

Orang tua tidak perlu cemas asalkan berat bayi masih dalam rentang normal dan tidak memiliki keluhan lain, maka Anak tergolong sehat.

Berat Badan Bayi Turun, Normalkah?

Pada beberapa hari pertama setelah lahir, bayi dapat mengalami penurunan berat badan. Penurunan berat bayi normal adalah sekitar 5% dari berat lahir pada bayi yang diberi susu formula atau 7-10% pada bayi yang diberi ASI.

Dua minggu setelah kelahiran, berat anak akan kembali seperti pada saat lahir, bahkan lebih dari itu.

Mengutip Alodokter, berikut ini patokan atau ukuran bayi normal sesuai usianya.

Penting untuk memastikan agar berat badan anak tetap naik. Hal ini menunjukkan kalau anak sehat dan mendapat asupan nutrisi yang cukup. Caranya, timbang anak setiap bulan dan catat pertambahan beratnya pada buku KIA atau grafik pertumbuhan yang tertera di Kartu Menuju Sehat (KMS).

Berat Badan Bayi Normal Sesuai Usia

Berat bayi normal akan berubah seiring pertambahan usia. Pertambahan berat si kecil normal setiap bulannya dihitung dari berat lahir. Berikut ini adalah tabel pertambahan berat anak normal sesuai usianya:

Usia : Pertambahan Berat Badan

1 bulan : 800 gram

2 bulan : 900 gram

3 bulan : 800 gram

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X