7 Daftar Makanan yang Direkomendasikan untuk Menurunkan Gula Darah

- Kamis, 20 Mei 2021 | 15:21 WIB
Ilustrasi makanan untuk menurunkan gula darah. (Myriams-Fotos dari Pixabay )
Ilustrasi makanan untuk menurunkan gula darah. (Myriams-Fotos dari Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Mengonsumsi makanan penurun gula darah merupakan salah satu cara untuk menjaga kadar gula darah penderita diabetes tetap stabil. Jenis makanan ini memiliki cara kerja yang berbeda-beda dalam mengontrol gula darah, mulai dari memperlambat pelepasan karbohidrat hingga meningkatkan sensitivitas insulin.

Dikutip dari alodokter.com, diabetes adalah penyakit di mana kadar gula darah melebihi batas normal karena tubuh tidak menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang cukup, atau ketika tubuh tidak lagi dapat menggunakan insulin dengan efektif (resistensi insulin).

7 Daftar Makanan Penurun Gula Darah

Jika sudah terkena diabetes, kadar gula darah akan lebih sulit dijaga. Terutama bila pasien diabetes memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat atau makanan yang manis yang mengandung gula tinggi.

Nah, agar penderita diabetes bisa tetap hidup sehat, maka kadar gula darah harus dijaga. Salah satunya adalah dengan mengontrol asupan makanan sehari-hari dan mengonsumsi makanan penurun gula darah.

Untuk mengontrol kadar gula darah, penderita diabetes perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, lemak sehat, protein, dan Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk membantu menurunkan gula darah, yaitu:

AYO BACA : Pembukaan Kartu Prakerja Biasanya Kamis, Gelombang 17 Hari Ini?

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan, seperti kacang badam atau almond, dapat membantu mengatur dan mengurangi kenaikan gula darah. Hal ini diduga karena berbagai kandungan nutrisi di dalam kacang dan rendahnya indeks glikemik pada makanan penurun gula darah ini.

Suatu studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kira-kira 30 gram almond atau kacang-kacangan lain setiap harinya memiliki kadar glukosa yang lebih rendah dan stabil.

2. Tomat
Buah tomat mengandung anthocyanin dan likopen yang tergolong sebagai antioksidan. Zat yang terkandung dalam tomat ini bahkan dikatakan memiliki efek serupa dengan obat antidiabetes acarbose yang dapat memperlambat dan mengurangi pelepasan gula ke dalam darah.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X