Tips Cantik saat Lebaran 2021, Hentikan 5 Kebiasaan Penyebab Wajah Tampak Tua

- Rabu, 28 April 2021 | 05:49 WIB
Tips Cantik saat Lebaran 2021, Hentikan 5 Kebiasaan Penyebab Wajah Tampak Tua. (Ist)
Tips Cantik saat Lebaran 2021, Hentikan 5 Kebiasaan Penyebab Wajah Tampak Tua. (Ist)

Disadari atau tidak, 5 kebiasaan sehari-hari ini adalah yang menyebabkan wajah tampak tua. Hindari jika ingin cantik saat Lebaran.

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Setiap orang pasti akan mengalami penuaan. Beberapa tanda penuaan seperti kulit keriput hingga noda hitam pada wajah perlahan muncul seiring pertambahan usia.

Selain pertambahan usia, ada juga beberapa kebiasaan buruk yang mempercepat datangnya tanda-tanda penuaan tersebut.

Dilansir Mens Health, jika tidak ingin hal itu terjadi pada Anda lebih awal, sebaiknya segera jauhi sejumlah kebiasaan buruk ini.

1. Tidak menggunakan tabir surya

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit tetap muda dan sehat adalah rajin menggunakan tabir surya. Menurut direktur penelitian klinis dan kosmetik dari Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner, paparan sinar matahari menyebabkan radikal bebas yang dapat merusak kolagen, elastinĀ  dan sel-sel kulit. Ini akan mengakibatkan penuaan dini pada kulit seperti munculnya noda hitam, keriput hingga berpotensi kankee kulit.

2. Sering begadang

Tidur cukup adalah salah satu cara untuk membuat kulit tetap sehat dan terlihat muda. Menurut Zeichner, sel-sel pada kulit bekerja seperti siklus tidur yang membuat kita lelah di malam hari dan terjaga di pagi hari.

Pada malam hari, sel-sel ini bekerja memperbaiki kerusakan-kerusakan yang dialami selama seharian penuh seperti terkena paparan sinar matahari dan polusi. Mengurangi waktu tidur dengan begadang akan merusak keseluruhan proses perbaikan sel sehingga sel-sel akan lebih cepat rusak dan menua.

3. Banyak mengonsumsi gula

Makanan bergula dan bertepung seperti roti, es krim dan keripik kentang dapat menyebabkan beberapa permasalahan pada kulit. Hal itu karena makanan tersebut menaikkan kadar gula darah yang bisa memicu inflamasi dan jerawat bermunculan. Jerawat yang terus bermunculan akan menyebabkan kulit mengalami bekas luka permanen karena rusaknya kolagen. Sama seperti noda hitam, bekas jerawat yang memerah atau menghitam ini akan membuat wajah tampak lebih tua.

4. Merokok

Tembakau pada rokok mengandung kimia yang dapat merusak kolagen dan elastin. Seperti diketahui, dua komponen ini adalah yang paling penting untuk membuat kulit tetap sehat dan terlihat muda.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Video Syur Gabriella Larasati: Malu Ketemu Orang

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:48 WIB

Mengenal Puber Kedua, Ini Penjelasan Berdasarkan Medis

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:59 WIB

Cara Mengecilkan Pinggang Secara Sederhana

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:07 WIB

Bacaan Niat Puasa Pengganti, Simak Tata Caranya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:47 WIB

Stres dan Depresi Dapat Sembuh dengan Olahraga Rutin

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:35 WIB

Bacaan Niat Tayamum, Lengkap dengan Arti dan Syaratnya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:19 WIB

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Mudah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:54 WIB

Awas! Sering Jerawatan, Tanda Bahwa Tubuh Penuh Racun

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:24 WIB
X