5 Dampak Buruk Kafein di Kopi dan Teh yang Harus Diwaspadai

- Selasa, 9 Februari 2021 | 12:40 WIB
[Ilustrasi] Meski menyehatkan, mengonsumsi banyak kafein berdampak buruk bagi kesehatan. (Pixabay)
[Ilustrasi] Meski menyehatkan, mengonsumsi banyak kafein berdampak buruk bagi kesehatan. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM Kopi dan teh adalah minuman yang sehat yang mengandung kafein. Kafein merupakan zat yang dapat meningkatkan suasana hati, metabolisme, dan kinerja mental serta fisik.

Namun, mengonsumsi kafein dosis tinggi memiliki efek samping yang tidak menyenangkan, bahkan berbahaya.

Dilansir dari Healthline, Selasa (9/2/2021), gen seseorang memiliki pengaruh besar pada toleransi kafein. Beberapa orang dapat mengonsumsi lebih banyak kafein tanpa mengalami efek negatif. Namun, individu yang tidak terbiasa mungkin mengalami beragam gejala setelah mengonsumsi kafein.

Bagus untuk Diet, 5 Teh Bantu Cepat Turunkan Berat Badan

Dirangkum dari Healthline, berikut 5 efek samping dari terlalu banyak konsumsi kafein.

1. Kecemasan

Kafein dalam dosis rendah hingga sedang dapat meningkatkan kewaspadaan. Namun, konsumsi kafein dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan kecemasan atau kegelisahan. Asupan harian yang sangat tinggi, sekitar 1.000 mg atau lebih per hari, menyebabkan kegugupan, gelisah, dan gejala serupa pada kebanyakan orang.

Gangguan kecemasan yang diinduksi oleh kafein juga masuk dalam 4 sindrom terkait kafein yang terdaftar dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM), diterbitkan oleh American Psychiatric Association.

Pantau respons tubuh sendiri untuk menentukan seberapa banyak dapat mentolerisasi kafein. Jika sering merasa gugup atau gelisah, sebaiknya kurangi asupan kafein sehari-hari.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X