Daftar Makanan Berkalori Rendah untuk Turunkan Berat Badan

- Selasa, 9 Februari 2021 | 06:57 WIB
Makanan berkalori rendah pertama yang layak dijadikan pilihan diet adalah asparagus. (Pezibear dari Pixabay )
Makanan berkalori rendah pertama yang layak dijadikan pilihan diet adalah asparagus. (Pezibear dari Pixabay )

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Banyak orang takut mengonsumsi makanan berkalori dengan alasan bisa menyebabkan berat badan naik. Padahal sebetulnya, setiap orang membutuhkan kalori untuk mencukupi kebutuhan energinya. Agar kebutuhan energi terpenuhi namun berat badan tetap terjaga, konsumsilah makanan dengan kalori rendah.

Mengutip alodokter.com, Menuding makanan berkalori sebagai biang kerok kenaikan berat badan tentu tidak bijak. Pada kenyataannya, banyak makan namun malas olahraga adalah penyebab berat badan naik tidak terkontrol.

Untuk mempertahankan berat badan ideal atau menurunkan berat badan saat diet, sebaiknya pilih makanan rendah kalori namun kaya nutrisi dan dapat membuat perut kenyang lebih lama.

AYO BACA : Indonesian Idol: Fimela Harus Pulang, Melisa dan Fitri Masuk Voting Terendah

Daftar Makanan Berkalori Rendah yang Baik Dikonsumsi
Bagi Anda yang sedang fokus mempertahankan atau menurunkan berat badan, makanan berkalori rendah berikut ini mungkin bisa membantu mencapai target diet Anda:

1. Asparagus
Makanan berkalori rendah pertama yang layak dijadikan pilihan diet adalah asparagus. Dalam 100 gram asparagus (sekitar 1 porsi piring makan), hanya terdapat sekitar 25 kalori. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan vitamin A, C, E, K, dan B6, folat, serat, protein, kalium, zat besi, dan tembaga.

Asparagus yang memiliki kandungan antioksidan tinggi ini pun dipercaya baik untuk mencegah kanker. Sebelum dimasak, kupas dulu kulitnya. Anda bisa mengonsumsi sayuran sehat ini dengan cara merebus, mengukus, atau mengolahnya menjadi sup.

AYO BACA : Polri Jelaskan Penyebab Meninggalnya Ustaz Maher

2. Brokoli
Makanan berkalori rendah lainnya yang bagus untuk diet adalah brokoli. Seratus gram brokoli hanya mengandung sekitar 30 kalori. Selain itu, brokoli kaya akan antioksidan yang diduga berpotensi mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus. Selain baik untuk diet, sayuran yang satu ini juga baik untuk membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X