5 Makanan Tinggi Kolesterol Jahat, Konsumsilah secara Wajar

- Minggu, 31 Januari 2021 | 08:53 WIB
Salah satu makanan laut yang tinggi kandungan kolesterol sehingga harus dibatasi konsumsinya adalah lobster (sintec dari Pixabay)
Salah satu makanan laut yang tinggi kandungan kolesterol sehingga harus dibatasi konsumsinya adalah lobster (sintec dari Pixabay)

GUBENG, AYOSURABAYA.COM -- Tanpa disadari kita mengonsumsi makanan yang identik denan kolesterol jahat.

Kolesterol jahat merupakan sebutan masyarakat untuk low-density lipoprotein atau LDL. Sebab, kolesterol ini memang memiliki pengaruh buruk untuk kesehatan, terutama jika berlebihan di dalam tubuh.

Mengutip alodokter.com, LDL bertugas mengangkut kolesterol menuju sel-sel tubuh yang membutuhkannya, melalui sistem peredaran darah. Namun jika terlalu banyak, asupan kolesterol bisa menyebabkan penumpukan di dinding pembuluh darah, sehingga aliran darah terganggu. Penyempitan pada pembuluh darah arteri, akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

AYO BACA : Jangan Minum 9 Jenis Obat ini dengan Teh

5 Makanan Tinggi Kolesterol Jahat
Demi menjaga tingkat kolesterol di dalam tubuh tetap pada batas yang wajar, maka batasi makanan yang mengandung lemak jenuh dan minyak. Hindari juga jenis makanan yang mengandung banyak lemak trans, yang biasanya terdapat pada minyak sayur terhidrogenasi dan camilan. Selain itu, beberapa jenis makanan, seperti daging berlemak, produk olahan susu, dan makanan cepat saji, juga sebaiknya dibatasi.

Di bawah ini adalah beberapa makanan yang identik dengan kolesterol jahat. Jika kolesterol Anda sudah di atas batas aman, maka sebaiknya makanan di bawah ini dihindari.
1. Hati
Hati kaya akan zat besi yang berguna untuk tubuh. Sayangnya, hati merupakan salah satu makanan yang tinggi kandungan kolesterol. Dalam 100 gram hati sapi misalnya, terkandung hampir 400 mg kolesterol. Jumlah tersebut terbilang tinggi karena tubuh orang dewasa hanya membutuhkan kolesterol kurang 300 mg setiap harinya.

2. Lobster
Salah satu makanan laut yang tinggi kandungan kolesterol sehingga harus dibatasi konsumsinya adalah lobster. Dalam 85 gram lobster, setidaknya terdapat 125 mg kolesterol. Angkanya akan bertambah lagi setelah dimasak dengan bahan tertentu. Hindari mengolah lobster dengan bahan lain yang juga kaya kolesterol, misalnya digoreng menggunakan minyak sayur atau mentega. Lobster bisa diolah dengan dibakar atau dipanggang.

AYO BACA : Jadwal Salat Surabaya dan Sekitarnya 31 Januari dan Pahala Ibadah Dzikir

3. Burger
Kesibukan sering membuat Anda mencari yang praktis saat memilih makanan. Salah satu yang sering jadi pilihan adalah restoran cepat saji. Perhatikan kandungan gizinya, terutama bagi Anda yang memilih burger dengan taburan keju di dalamnya. Makanan siap saji ini mengandung sekitar 85 mg kolesterol dan 10-20 gram lemak jenuh. Jumlah tersebut belum ditambah dengan kentang goreng, milkshake atau es krim. Jelas menu instan ini bukan kombinasi yang ideal untuk ditambahkan ke dalam tubuh Anda.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Video Syur Gabriella Larasati: Malu Ketemu Orang

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:48 WIB

Mengenal Puber Kedua, Ini Penjelasan Berdasarkan Medis

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:59 WIB

Cara Mengecilkan Pinggang Secara Sederhana

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:07 WIB

Bacaan Niat Puasa Pengganti, Simak Tata Caranya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:47 WIB

Stres dan Depresi Dapat Sembuh dengan Olahraga Rutin

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:35 WIB

Bacaan Niat Tayamum, Lengkap dengan Arti dan Syaratnya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:19 WIB

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Mudah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:54 WIB

Awas! Sering Jerawatan, Tanda Bahwa Tubuh Penuh Racun

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:24 WIB
X