7 Cara Alami Menurunkan Berat Badan Secara Permanen

- Rabu, 27 Januari 2021 | 06:19 WIB
Ilustrasi- Tips menurunkan berat badan secara permanen yang pertama adalah membuat komitmen terhadap diri sendiri.  (happyveganfit dari Pixabay )
Ilustrasi- Tips menurunkan berat badan secara permanen yang pertama adalah membuat komitmen terhadap diri sendiri. (happyveganfit dari Pixabay )

SUKOLILO, AYOSURABAYA.COM -- Berat badan menjadi masalah semua orang. Banyak orang mencari tahu tips menurunkan berat badan secara permanen dan alami, agar penurunan berat badan yang telah dicapai dapat dipertahankan. Sebab tidak jarang, mempertahankan berat badan setelah turun, justru lebih sulit dibandingkan menurunkan.

Dikutip dari alodokter.com Jika Anda sedang merencanakan penurunan berat badan, tips menurunkan berat badan secara permanen dan alami berikut ini bisa menjadi solusi. Sehingga kenaikan berat badan kembali pasca penurunan berat badan dapat dihindari.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan
Tips menurunkan berat badan secara permanen yang pertama adalah membuat komitmen terhadap diri sendiri. Sebab, untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan perlu adanya usaha dan komitmen dalam jangka panjang. Perubahan gaya hidup yang sehat seharusnya dilakukan secara permanen.

AYO BACA : Cara Minum Air Putih yang Dianjurkan untuk Turunkan Berat Badan

Setelah komitmen terbentuk dengan baik, barulah Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:
1. Biasakan sarapan pagi
Sarapan pagi menjadi bagian penting untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan. Sebuah studi menunjukkan, melewatkan sarapan menjadikan seseorang cenderung lebih mudah tergoda mengonsumsi makanan kalori tinggi dan camilan yang tidak sehat pada siang ataupun sepanjang hari. Studi lain menyebutkan, sarapan pagi mampu menurunkan kadar ghrelin, yaitu hormon yang menyebabkan seorang menjadi lapar. Namun, penting untuk memastikan sarapan dengan makanan yang kaya akan nutrisi. Makanan yang disarankan meliputi oatmeal yang dicampur dengan buah, seperti pisang dan kacang-kacangan, telur dadar yang berisikan banyak sayuran, roti gandum, atau yoghurt rendah lemah dengan buah beri dan granola.

2. Mengonsumsi makanan berserat
Rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan serat juga menjadi bagian dari tips menurunkan berat badan secara permanen. Sebab, mengonsumsi makanan berserat, seperti aneka jenis sayur, kacang-kacangan, polong-polongan dan buah, dapat membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan lain pun berkurang. Makanan berserat juga membantu menjaga kesehatan saluran cerna.

3. Olahraga yang rutin
Olahraga teratur memiliki peran penting untuk menurunkan berat badan secara permanen. Selain mampu membakar kalori, olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga lebih banyak kalori yang dibakar. Luangkan waktu setidaknya 30 menit dalam sehari untuk olahraga, agar berat badan tidak kembali mengalami kenaikan.

AYO BACA : 7 Kebiasaan Buruk yang Membuat Jerawat Betah di Wajah

4. Hindari minuman manis
Minuman manis memiliki kalori yang tinggi, jadi sebaiknya hindari konsumsi minuman manis dari sekarang. Apabila Anda sedang menginginkan minuman yang memiliki rasa, Anda dapat mengganti minuman manis seperti soda dengan minuman manis yang lebih sehat seperti jus buah murni, infused water, susu rendah lemak atau jus sayuran yang bergizi.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Video Syur Gabriella Larasati: Malu Ketemu Orang

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:48 WIB

Mengenal Puber Kedua, Ini Penjelasan Berdasarkan Medis

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:59 WIB

Cara Mengecilkan Pinggang Secara Sederhana

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:07 WIB

Bacaan Niat Puasa Pengganti, Simak Tata Caranya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:47 WIB

Stres dan Depresi Dapat Sembuh dengan Olahraga Rutin

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:35 WIB

Bacaan Niat Tayamum, Lengkap dengan Arti dan Syaratnya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:19 WIB

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Mudah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:54 WIB

Awas! Sering Jerawatan, Tanda Bahwa Tubuh Penuh Racun

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:24 WIB
X