Diet Tidak Makan Malam, Bikin Cepat Kurus?

- Selasa, 26 Januari 2021 | 17:26 WIB
Ada yang beranggapan tidak makan malam efektif membantu menurunkan berat badan.( Sasin Tipchai dari Pixabay )
Ada yang beranggapan tidak makan malam efektif membantu menurunkan berat badan.( Sasin Tipchai dari Pixabay )

GUBENG, AYOSURABAYA.COM -- Apa kamu sedang mempertimbangkan diet tidak makan malam agar berat badanmu cepat turun dan lebih kurus? Sebelum memutuskan untuk melakukannya, sebaiknya ketahui dulu fakta-fakta di balik diet tidak makan malam.

Sepeti disebutkan oleh alodokter.com, Efektivitas diet tidak makan malam memang masih diperdebatkan. Ada yang beranggapan bahwa cara ini efektif dalam membantu menurunkan berat badan, tetapi ada pula yang tidak.

Efektivitas Diet Tidak Makan Malam dalam Menurunkan Berat Badan
Penelitian mengenai diet tidak makan malam efektif dalam menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih kurus sebenarnya masih perlu diteliti kembali. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh melakukannya. Pasalnya, jika dilakukan dengan cara yang tepat, penurunan berat badan bukan suatu hal yang mustahil untuk didapat.

AYO BACA : Cara Minum Air Putih yang Dianjurkan untuk Turunkan Berat Badan

Kebiasaan makan di malam hari diketahui berkaitan dengan pola makan yang tidak sehat. Kebanyakan orang akan memilih camilan yang berkalori tinggi dan rendah nutrisi, seperti keripik kentang dan kue kering, setelah makan malam atau saat tidak bisa tidur.

Ini tentu bukan hal yang baik, karena konsumsi makanan berkalori tinggi secara berlebih dalam jangka panjang dapat membuat berat badan naik. Untuk menghindarinya, aturan diet tidak makan malam bisa jadi pilihan yang efektif.

Lalu, apa lagi yang membuat diet tidak makan malam dianggap efektif dalam menurunkan berat badan? Berikut adalah beberapa fakta yang perlu kamu tahu:

  • Makanan yang dikonsumsi setelah makan malam kemungkinan tidak dibakar secara maksimal selama kamu tidur, tidak seperti makan pagi dan makan siang yang akan dibakar saat beraktivitas.
  • Makan di malam hari bisa mengganggu tidur, terutama bagi penderita GERD, padahal kurang tidur dapat membuatmu sering lapar dan menurunkan metabolisme sehingga memicu terjadinya obesitas.
  • Tidak makan malam bisa menjadi salah satu metode diet puasa (intermittent fasting) yang juga dianggap dapat menurunkan berat badan.

AYO BACA : Jenis Jerawat di Payudara yang Perlu Diwaspadai

Namun, alasan di atas tidak bisa dijadikan acuan bahwa kamu bisa menurunkan berat badan hanya dengan tidak makan malam. Metode ini tetap harus diimbangi dengan asupan dan pengeluaran kalori yang seimbang, nutrisi yang memadai, dan olahraga yang rutin.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Video Syur Gabriella Larasati: Malu Ketemu Orang

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:48 WIB

Mengenal Puber Kedua, Ini Penjelasan Berdasarkan Medis

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:59 WIB

Cara Mengecilkan Pinggang Secara Sederhana

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:07 WIB

Bacaan Niat Puasa Pengganti, Simak Tata Caranya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:47 WIB

Stres dan Depresi Dapat Sembuh dengan Olahraga Rutin

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:35 WIB

Bacaan Niat Tayamum, Lengkap dengan Arti dan Syaratnya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:19 WIB

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Mudah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:54 WIB

Awas! Sering Jerawatan, Tanda Bahwa Tubuh Penuh Racun

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:24 WIB
X