4 Tips Mempertahankan Pernikahan Usai Diguncang Perselingkuhan

- Rabu, 20 Januari 2021 | 08:53 WIB
Ilustrasi perselingkuhan. (Sasin Tipchai dari Pixabay)
Ilustrasi perselingkuhan. (Sasin Tipchai dari Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Perselingkuhan merupakan salah satu penyebab umum perceraian. Saat mengetahui pasangan berselingkuh, kamu seperti dihadapkan pada dua pilihan, tetap mempertahankan pernikahan atau berpisah. Apa yang harus dilakukan ketika memilih untuk mempertahankan pernikahan?

Pasti sakit rasanya ketika mengetahui orang yang dicintai ternyata tega berpaling ke lain hati. Namun karena beberapa alasan, kamu mungkin berpikir mempertahankan pernikahan merupakan jalan terbaik dibandingkan berpisah. Akan tetapi, mengembalikan kepercayaan yang sudah ternodai tentu butuh usaha.

Seorang psikolog mengungkapkan bahwa pasangan menikah yang tidak memiliki keterikatan emosional maupun seksual lebih rentan menghadapi perselingkuhan. Tapi bukan berarti hal ini hanya terjadi pada pernikahan yang tidak bahagia. Faktanya, perselingkuhan juga bisa terjadi pada pernikahan yang bahagia.

Jika kamu berpikir pasangan layak diberikan kesempatan kedua, apalagi jika sudah menyesali perbuatannya dan bertekad untuk tidak mengulanginya, beberapa tips berikut mungkin bisa membantu memperbaiki hubunganmu dan pasangan:

1. Bahas semuanya dengan kepala dingin
Beri kesempatan kepada pasanganmu untuk mengutarakan segala hal yang ada di pikiran dan benaknya. Dia mungkin akan membahas tentang orang ketiga yang menghiasi rumah tangga kalian, alasannya berpaling, dan masalah rumah tangga.

Mendengar hal tersebut pastinya membuatmu diselimuti amarah. Namun, tarik napas dalam-dalam dan tenangkan dirimu sejenak. Hindari untuk memberikan komentar atau membuat keputusan ketika kondisimu sedang marah.

2. Minta waktu sejenak
Setelah mendengarkan semua penjelasannya, tidak perlu buru-buru untuk mengeluarkan pendapatmu. Tenangkan diri dahulu agar kamu bisa berpikir dengan bijak. Gunakan waktu ini untuk mengevaluasi apa yang sebenarnya menjadi penyebab perselingkuhan.

3. Membangun ulang kepercayaan
Bukan hal mudah memang untuk kembali percaya pada pasangan setelah diselingkuhi. Rasanya selalu ada keraguan dalam hati ketika mendengar perkataannya.

Berikan waktu bagi dirimu dan pasangan untuk bisa kembali rujuk, dan melanjutkan kehidupan rumah tangga. Mintalah pasanganmu untuk jujur dan terbuka terhadap apa yang ada di benaknya. Tanamkan pikiran positif bahwa kejadian pahit yang lalu adalah proses pembelajaran hidup.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Video Syur Gabriella Larasati: Malu Ketemu Orang

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:48 WIB

Mengenal Puber Kedua, Ini Penjelasan Berdasarkan Medis

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:59 WIB

Cara Mengecilkan Pinggang Secara Sederhana

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:07 WIB

Bacaan Niat Puasa Pengganti, Simak Tata Caranya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:47 WIB

Stres dan Depresi Dapat Sembuh dengan Olahraga Rutin

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:35 WIB

Bacaan Niat Tayamum, Lengkap dengan Arti dan Syaratnya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:19 WIB

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Mudah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:54 WIB

Awas! Sering Jerawatan, Tanda Bahwa Tubuh Penuh Racun

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:24 WIB
X