Waspadai Perbedaan Mengantuk Akibat Diabetes dan Mengantuk Biasa

- Selasa, 19 Januari 2021 | 13:39 WIB
[Ilustrasi] Jika Anda sering mengantuk, waspadai, mungkin Anda mengalami diabetes. (Pixabay)
[Ilustrasi] Jika Anda sering mengantuk, waspadai, mungkin Anda mengalami diabetes. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Jika sering mengantuk, Anda mesti waspada, apakah kantuk itu karena Anda mengalami diabetes mellitus (DM) atau tidak.

Mudah mengantuk merupakan salah satu gejala penyakit diabetes mellitus (DM). Gejala mudah mengantuk akibat diabetes berbeda dengan mengantuk biasa yang juga bisa dialami orang normal.

"(Kalau karena DM) orang-orang yang tadinya nggak mudah ngantuk, tapi belakangan jadi mudah ngantuk," kata Spesialis penyakit dalam konsultan endokrin, metabolik dan DM dari RS Pondok Indah dr Wismandari Wisnu SpPD KEMD, seperti dikutip dari Republika.co.id.

Orang normal biasanya mudah tertidur jika sudah dekat dengan kasur dan bantal. Namun, rasa kantuk pada penderita diabetes bisa timbul meski mereka sedang melakukan aktivitas.

"Dalam aktivitas pun mudah mengantuk. Yang seperti itu dilihat deh," kata Wismandari.

Agar Diet Sukses, 4 Hal Ini Jangan Dimakan usai Pukul 4 Sore

Ini Jam Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam agar Diet Berhasil!

Sarapan Telur Cepat Turunkan Berat Badan, Cocok untuk Menu Diet!

Di sisi lain, Wismandari mengingatkan bahwa gejala mudah mengantuk tak hanya disebabkan oleh penyakit diabetes. Beberapa penyakit lain juga memiliki gejala mudah mengantuk. Salah satunya penyakit hipotiroid. Selain mewaspadai gejala mudah mengantuk, masyarakat juga perlu melihat gejala-gejala lain yang mengiringi.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X