Daftar Sayuran yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

- Senin, 18 Januari 2021 | 11:05 WIB
Ilustrasi sayuran. Penderita asam urat perlu menjaga pola makan termasuk jenis sayuran untuk mencegah kambuh. ( Shutterbug75 dari Pixabay)
Ilustrasi sayuran. Penderita asam urat perlu menjaga pola makan termasuk jenis sayuran untuk mencegah kambuh. ( Shutterbug75 dari Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Bagi penderita asam urat, menjaga pola makan termasuk jenis sayuran merupakan salah satu cara kunci untuk menjaga diri dari kambuh. Ada beberapa jenis sayuran untuk penderita asam urat yang baik dikonsumsi guna mengatasi keluhan yang muncul. Yuk, ketahui jenis sayuran apa saja yang dimaksud dalam artikel berikut.

Mengutip alodokter.com, kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan pembentukan kristal pada sendi. Gejala penyakit asam urat biasanya muncul secara tiba-tiba berupa nyeri tajam dan terkadang terasa sangat berat. Jika kadar asam urat yang tinggi ini dibiarkan tanpa penanganan, maka dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Sayuran untuk Penderita Asam Urat
Jika Anda mengalami penyakit asam urat, Anda perlu lebih cermat dalam memilih makanan atau minuman yang dikonsumsi. Jika tidak, rasa nyeri yang Anda rasakan bisa semakin memburuk. Konsumsi obat-obatan untuk mengobati asam urat merupakan langkah tepat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengatasi nyeri.

Namun, menjaga pola makan sehat juga penting untuk meminimalkan serangan dan mengurangi tingkat keparahan penyakit asam urat yang mungkin Anda alami.

Berikut ini adalah daftar sayuran untuk penderita asam urat yang dianjurkan:

1. Ubi Jalar
Sayuran yang berasal dari akar seperti ubi jalar dan wortel mengandung jumlah purin paling rendah. Purin merupakan zat yang akan dicerna menjadi asam urat di dalam tubuh. Oleh karena itu, ubi jalar dan wortel termasuk ke dalam sayuran yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

AYO BACA : Ini Dia Pemicu Rematik Asam Urat

2. Terung dan tomat
Selain wortel, terung dan tomat juga merupakan sayuran rendah purin yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Tak hanya rendah purin, terung dan tomat juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

3. Brokoli
Kandungan vitamin C di dalam sayuran hijau, seperti brokoli, juga dapat menurunkan kadar asam urat sehingga baik dan aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Video Syur Gabriella Larasati: Malu Ketemu Orang

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:48 WIB

Mengenal Puber Kedua, Ini Penjelasan Berdasarkan Medis

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:59 WIB

Cara Mengecilkan Pinggang Secara Sederhana

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:07 WIB

Bacaan Niat Puasa Pengganti, Simak Tata Caranya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:47 WIB

Stres dan Depresi Dapat Sembuh dengan Olahraga Rutin

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:35 WIB

Bacaan Niat Tayamum, Lengkap dengan Arti dan Syaratnya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:19 WIB

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Mudah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:54 WIB

Awas! Sering Jerawatan, Tanda Bahwa Tubuh Penuh Racun

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:24 WIB
X