Ini Dia Ponsel Antibakteri Pertama di Dunia

- Senin, 23 November 2020 | 16:00 WIB
Smartphone antibakteri, CAT. [Dailymail]
Smartphone antibakteri, CAT. [Dailymail]

AYOSURABAYA.COM--Ponsel pertama di dunia diklaim mampu menghentikan penyebaran kuman. Dibuat perusahaan berbasis di Reading bernama Bullitt, disebut Cat S42.

Ponsel pintar ini adalah perangkat level awal yang dibuat oleh perusahaan dan dibuat untuk menjadi tangguh, tahan lama, dan serbaguna. Saat ini dapat dibeli seharga 229 pondsterling atau sekitar Rp 4,3 juta. Tapi, model yang dilengkapi dengan teknologi antimikroba Biomaster, tidak akan tersedia hingga awal 2021.

Bullitt kemudian berharap menghadirkan fitur antimikroba ke ponsel Cat lainnya tahun depan, termasuk S52 berbodi ramping seharga 380 poundsterling atau kisaran Rp 7,16 juta dan S62 dibanderol 599 poundsterling atau senilai Rp 11,28 juta unggulan dengan pencitraan termal.

Smartphone ini diklaim mampu memerangi penyebaran bakteri berkat ion sIlver yang tertanam di bahan handset selama proses pembuatan. Meskipun tidak secara aktif menetralkan bakteri atau virus, termasuk Covid-19, itu menghentikan penyebaran dan penggandaan patogen.

Dengan menghentikan mikroba bereplikasi, jumlahnya secara alami menyusut. Bullitt mengklaim 'Agen antimikroba aktif Biomaster' mengurangi jumlah bakteri hingga 80 persen dalam 15 menit dan 99,9 persen dalam 24 jam.

Pembuat handset yang tangguh mengatakan, perangkat tersebut benar-benar tahan air dan harus dicuci secara teratur dengan sabun dan air, pembersih, dan pemutih agar tetap bersih.

"Ini penting bagi mereka di antara pelanggan kami yang bekerja dalam lingkungan perawatan kesehatan atau sosial, dan mereka yang mengunjungi banyak situs untuk pekerjaan mereka," kata Peter Cunningham, Wakil Presiden di Bullitt Group, dilansir laman Dailymail, Minggu (22/11/2020).

Menggunakan ponsel Cat telah membuat mereka yakin bahwa dapat dicuci dan dibersihkan secara teratur. Penambahan perlindungan produk antimikroba ke dalam Cat S42 adalah yang pertama bagi ponsel Cat, dan akan membuat Cat S42 lebih aman bagi pengguna.

Profesor Peter Hall dari Universitas Waterloo percaya telepon harus dibersihkan dua kali sehari, untuk mencegah penularan lebih lanjut. Tisu beralkohol paling cocok untuk membunuh virus, tetapi Apple merekomendasikan untuk menggunakan kain mikrofiber dan air sabun. Ada potensi untuk tertular virus dari layar ponsel tetapi jauh lebih mungkin ditularkan melalui kontak manusia-ke-manusia.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Ponsel Oppo yang Bisa Dijadikan Mouse PC

Rabu, 15 September 2021 | 15:46 WIB

Layar Smartphone yang Tajam Penyebab Baterai HP Boros?

Selasa, 17 Agustus 2021 | 13:12 WIB
X